Tuesday, 14 October 2014

TUGAS BESAR ELEMEN MESIN 1 PERENCANAAN ULANG RANTAI SEPEDA MOTOR MEGAPRO





TUGAS BESAR ELEMEN MESIN 1
PERENCANAAN ULANG RANTAI
SEPEDA MOTOR MEGAPRO













DISUSUN OLEH :

                                    NAMA           : RUSMAN               
                                    NIM                : 11. 301. 0260
                                    PRODI           : TEKNIK MESIN
                       

FAKULTAS TEKNIK PRODI TEKNIK MESIN
UNIVERSITAS WAHID HASYIM
SEMARANG
2013







KATA PENGANTAR

Alhamdulillah kami bersyukur kepada Tuhan YME. Berkat karunia-Nya laporan ini telah kami selesaikan.
Laporan ini bertujuan untuk melengkapi tugas dan juga dapat digunakan sebagai referensi bagi para pembaca  untuk memahami dan mempelajari tentang perencanaan ulang rantai sepeda motor.
Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini, sehingga laporan ini dapat diselesaikan dengan sebaik mungkin dan tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih memiliki banyak kekurangan dan kesalahan. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk kesempurnaan makalah ini kedepannya. Akhir kata.
Wassalamualaikum Wr. Wb.



semarang,   12 juli  2013


Penulis.

 


DAFTAR ISI
1.2.Tujuan. 1
2.1.Pengertian rantai 2
2.2.Rantai rol 3
BAB III PERHITUNGAN
3.1 Perhitungan ................................................................................................8
BAB IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan. 11
LAMPIRAN









BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Di Indonesia masih banyak konsumen yang menggunakan sepeda motor untuk kebutuhan sehari-hari. Konsumen tentunya menginginkan suatu produk yang nyaman dan tangguh. Rantai merupakan salah satu bagian dari sepeda motor yang funginya tidak dapat diabalkan. Karena rantai sebagai alat untuk transfer daya, maka dibutuhkan ketangguhan dan kekuatan rantai yang baik.
Rantai merupakan perangkat yang sangat penting dalam bidangpermesinan. Daya yang dihasilkan oleh motor biasanya menggunakan rantaisebagai alat untuk transfer daya. meskipun dewasa ini banyak yang telahmenggunakan belt tetapi posisi rantai masih sangat dibutuhkan.
Khususnya pada sepeda motor masih banyak yang menggunakan rantaisebagai alat untuk transfer daya. Agar didapat transfer daya yang maksimal maka diperlukan pemilihan rantai dan sprocket yang tepat dan benar.

1.2.Tujuan
Tujuan dari penelitian ini dalah untuk mengetahu kekuatan suatu bahan yang di gunakan pada rantai dan menentukan bahan yang semestinya di gunakan dalam pembuatan rantai.

1.3.Batasan Masalah
Untuk menyederhanakan penelitian dan mempermudah penulisan tanpa mengurangi tujuannya, maka digunakan batasan – batasan permasalahan bahwa penelitian kali ini hanya membahas tentang rantai pada kendaraan honda megapro saja.
BAB II
DASAR TEORI

2.1.Pengertian Rantai
Rantaidigunakanuntukmentransmisikandayadimanajarakkeduaporosbesardandikehendakitidakterjadi slip.Dibandingkandengantransmisirodagigi, rantaijauhlebihmurahakantetapibrisiksertakapasitasdayadankecepatanyalebihkecil.
Fungsi Rantai Meneruskan daya putar mesin motor melalui gir depan dan gir belakang untuk menggerakkan roda belakang.
1.      Jenis – jenisrantaiyaitu :
a.       RantaiRol


1.jpg,2.jpg
 









Gb.1. Rantai Rol (Darmanto 2007)
                        Rantai rol sangat luas pemakaianya karena harganya yang murah dan perawatan dan pemasanganya mudah. Contoh :pemakaian pada sproket sepeda motor dan sepeda onthel, untuk menngerakan cam (knoken As) pada mobil dan untuk menggerakan sproket pada industri.

b.      6-31f050644a.jpg67.jpgRantai Gigi





Gb.2. Rantai Gigi (Darmanto 2007)
Rantai jenis ini mempunyai keunggulan pada tingkat kecepatan dan kapasitas daya yang ditransmisikan lebih besar, serta tingkat kebisingan lebih kecil, akan tetapi harganya lebih mahal.
Pemakaian rantai ini masih terbatas karena harganya yang mahal dan orang lebih suka menggunakan transmisi roda gigi.

2.2.Rantai Rol
gb3            Tabel.1 ukuran rantai rol (Darmanto 2007)



            Ukuran umum
gb3








gb3



gb3                     






gb4




gb4
                                                                                            


gb5




gb5









Gb 3.Diagram Pemilihan Rantai Rol (Darmanto 2007)
Tabel 2. faktor koreksi (Darmanto 2007)
gb11










Tabel 3. faktor koreksi rantai berangkai banyak (Darmanto 2007)
gb12



Panjang rantai dihitung dengan rumus :
                      
   Lp : Panjang  rantai (dinyatakan dalam jumlah mata rantai)
   Z1 : jumlah gigi sproket kecil
   Z2 : jumlah gigi sproket besar
   C  : jarak sumbu poros(dalam jumlah mata rantai)
Jika harga Lp pecahan, maka dibulatkan ke atas.
Jika jumlah mata rantai dan gigi sproket diketahui, maka jarak poros

Cp  = C . p..............................................................................................(3)


Kecepatan rantai :
  (m/s)...............................................................................................(4)
P = jarak bagi rantai (mm)
        Z1 = jumlah gigi sproket kecil
        n1 = putaran sproket kecil

daya yang ditransmisikan rantai :
            Pd = F.v  (watt)........................................................................................(5)              
P = Pd x fc...............................................................................................(6)  
P = daya yang telah dikoreksi
F = tegangan/beban  pada rantai (kg)
v = kecepatan rantai (m/s)
Pd= daya yang direncanakan
fc= faktor koreksi

Sproket:  seproket biasanya dibuat dari  besi cor kelabu (FC25), baja karbon rol konstruksi umum (SS41), baja karbon konstruksi umum (S35C) dan baja  cor (SC46). Dimensinya adalah :
  
  
  
  
Dimana :
                                    dp  = diameter lingkaran jarak bagi sproket kecil
                                    Dp =  diameter lingkaran jarak bagi sproket besar
                                    dk = diameter  luar sproket kecil
                                    Dk = diameter luar sproket besar













BAB III
PERHITUNGAN
Diketahui :
            V         = 160 km/jam = 50 m/s
Pd         = 13,3 ps / 8500 rpm
            n1         = 2032,8 rpm
            n2         = 691,15 rpm
            Cp        = 540 mm
            Z1        = 14
            Z2        = 41
            faktor koreksi  = 1.7
            nomer rantai    = 40-2
            P          = 12,70 mm
            Fb         = 3.900 kg
            Fu         = 510 kg
            Mencari rpm n1               V         =
                                      50 =
                                                      n1    =
                                      n1            = 2032,8 rpm
            mencari rpm n2                     n2     =
                                                     n2     =
                                                     n2     = 691,15 rpm
            Kecepatan rantai         (v)        =
                                                            =
                                                            = 6,023m/s
           
            Daya                            (p)        = 13,3 x 1,7
                                                            = 22,61 ps


            Beban rantai                (p)        = F . V
                                    22.610 = F x 7,52
                                                        F  = 3006.6 N
                                                        F  = 306,48 Kg
            Karena fu lebih besar daripada F , maka rantai tersebut aman digunakan
            Jumlah rantai   (lp)       =
                                                = 114.65
                                                = 115

                                    C         = ()2+ )2-  (41-14)2
                                                = 1330,21 mm
                                                = 1,33 M


BAB IV
KESIMPULAN

Dari hasil perhitungan dapat di ambil kesimpulan rantai megapro dengan menggunakan ukuran pelek 17 inchi ,dengan gir depan 14 dan belakang 41 menggunakan tipe rantai rol. Dengan beban rantai 306,48 kg dengan beban maksimum rantai 510 kg. Maka rantai aman di gunakan.
Spesifikasi rantai rol:
                        Nomer  rantai              : 40-2
                        Kecepatan rantai         : 6.023 m/s
                        Beban rantai                : 306, 48 kg
                        Jumlah rantai               : 115
                        Panjang rantai                         : 1.33 M









Daftar pustaka
            Darmanto. 2007.Diktat Ajar Elemen Mesin 1
http://www.scribd.com / doc / 47730081 / ELEMEN – MESIN - RANTAI (Diakses tgl 10-06-2013 pukul 23:12)
http://tydagor.wordpress.com / 2011 / 07 / 09 / materi – kuliah - elemen-mesin/ (Diakses tgl 10-06-2013 pukul 23:12)

3 comments:

  1. assallamualaikum..... maaf mas.... bisa minta filenya mas.. buat referensi perencanaan mesin saya. trims

    ReplyDelete
  2. no HP saya : 0896 9181 5979

    ReplyDelete
  3. assalamuallaikum mas , maaf sebelumnya, saya boleh minta file nya ? terima kasih

    ReplyDelete