TUGAS BESAR ELEMEN MESIN 1
PERENCANAAN ULANG RANTAI
SEPEDA MOTOR MEGAPRO
DISUSUN OLEH :
NAMA :
RUSMAN
NIM : 11. 301. 0260
PRODI : TEKNIK MESIN
FAKULTAS
TEKNIK PRODI TEKNIK MESIN
UNIVERSITAS
WAHID HASYIM
SEMARANG
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
kami bersyukur kepada Tuhan YME. Berkat karunia-Nya laporan ini telah kami
selesaikan.
Laporan ini bertujuan
untuk melengkapi tugas dan juga dapat
digunakan sebagai referensi bagi para pembaca
untuk memahami dan mempelajari tentang perencanaan ulang rantai sepeda
motor.
Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak
yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini, sehingga laporan
ini dapat diselesaikan dengan sebaik mungkin dan tepat pada waktu yang telah
ditentukan.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih memiliki banyak
kekurangan
dan kesalahan. Untuk itu,
penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk
kesempurnaan makalah ini kedepannya. Akhir kata.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
semarang, 12 juli
2013
Penulis.
DAFTAR ISI
1.1. Latar Belakang1
1.2.Tujuan 1
2.1.Pengertian rantai
2.2.Rantai
rol
BAB III PERHITUNGAN
3.1 Perhitungan ................................................................................................8
BAB IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Di
Indonesia masih banyak konsumen yang menggunakan sepeda motor untuk kebutuhan
sehari-hari. Konsumen tentunya menginginkan suatu produk yang nyaman dan
tangguh. Rantai merupakan salah satu bagian dari sepeda motor yang funginya
tidak dapat diabalkan. Karena rantai sebagai alat untuk transfer daya, maka
dibutuhkan ketangguhan dan kekuatan rantai yang baik.
Rantai
merupakan perangkat yang sangat penting dalam bidangpermesinan. Daya yang
dihasilkan oleh motor biasanya menggunakan rantaisebagai alat untuk transfer
daya. meskipun dewasa ini banyak yang telahmenggunakan belt tetapi posisi
rantai masih sangat dibutuhkan.
Khususnya
pada sepeda motor masih banyak yang menggunakan rantaisebagai alat untuk
transfer daya. Agar didapat transfer daya yang maksimal maka diperlukan
pemilihan rantai dan sprocket yang tepat dan benar.
1.2.Tujuan
Tujuan
dari penelitian ini dalah untuk mengetahu kekuatan suatu bahan yang di gunakan
pada rantai dan menentukan bahan yang semestinya di gunakan dalam pembuatan
rantai.
1.3.Batasan
Masalah
Untuk
menyederhanakan penelitian dan mempermudah penulisan tanpa mengurangi
tujuannya, maka digunakan batasan – batasan permasalahan bahwa penelitian kali
ini hanya membahas tentang rantai pada kendaraan honda megapro saja.
BAB II
DASAR TEORI
2.1.Pengertian
Rantai
Rantaidigunakanuntukmentransmisikandayadimanajarakkeduaporosbesardandikehendakitidakterjadi
slip.Dibandingkandengantransmisirodagigi, rantaijauhlebihmurahakantetapibrisiksertakapasitasdayadankecepatanyalebihkecil.
Fungsi Rantai Meneruskan daya putar
mesin motor melalui gir depan dan gir belakang untuk menggerakkan roda
belakang.
1.
Jenis
– jenisrantaiyaitu :
a.
RantaiRol
Gb.1. Rantai Rol
(Darmanto 2007)
Rantai
rol sangat luas pemakaianya karena harganya yang murah dan perawatan dan pemasanganya
mudah. Contoh :pemakaian pada sproket sepeda motor dan sepeda onthel, untuk menngerakan
cam (knoken As) pada mobil dan untuk menggerakan sproket pada industri.
b.
Rantai Gigi
Gb.2.
Rantai Gigi (Darmanto 2007)
Rantai jenis ini mempunyai keunggulan pada
tingkat kecepatan dan kapasitas daya yang ditransmisikan lebih besar, serta tingkat
kebisingan lebih kecil, akan tetapi harganya lebih mahal.
Pemakaian rantai ini masih terbatas karena harganya yang mahal
dan orang lebih
suka
menggunakan
transmisi
roda
gigi.
2.2.Rantai
Rol
Tabel.1 ukuran
rantai rol (Darmanto 2007)
Ukuran
umum
Gb
3.Diagram Pemilihan Rantai Rol (Darmanto 2007)
Tabel 2.
faktor koreksi (Darmanto 2007)
Panjang rantai dihitung dengan rumus :
Lp :
Panjang rantai (dinyatakan dalam jumlah
mata rantai)
Z1 :
jumlah gigi sproket kecil
Z2 :
jumlah gigi sproket besar
C : jarak sumbu poros(dalam jumlah mata rantai)
Jika harga Lp pecahan, maka dibulatkan ke
atas.
Jika jumlah mata rantai dan gigi sproket diketahui, maka
jarak poros
Cp = C
. p..............................................................................................(3)
Kecepatan rantai :
(m/s)...............................................................................................(4)
P = jarak bagi
rantai (mm)
Z1
= jumlah gigi sproket kecil
n1 =
putaran sproket kecil
daya yang ditransmisikan rantai :
Pd
= F.v (watt)........................................................................................(5)
P = Pd x fc...............................................................................................(6)
P = daya yang telah dikoreksi
F = tegangan/beban
pada rantai (kg)
v = kecepatan rantai (m/s)
Pd= daya yang direncanakan
fc= faktor koreksi
Sproket:
seproket biasanya dibuat dari besi cor kelabu (FC25), baja karbon rol
konstruksi umum (SS41), baja karbon konstruksi umum (S35C) dan baja cor (SC46). Dimensinya adalah :
Dimana
:
dp = diameter lingkaran jarak bagi sproket kecil
Dp =
diameter lingkaran jarak bagi sproket besar
dk = diameter
luar sproket kecil
Dk = diameter luar sproket besar
BAB
III
PERHITUNGAN
Diketahui :
V = 160 km/jam = 50
m/s
Pd = 13,3 ps / 8500 rpm
n1 = 2032,8 rpm
n2 = 691,15 rpm
Cp = 540 mm
Z1 = 14
Z2 = 41
faktor
koreksi = 1.7
nomer
rantai = 40-2
P = 12,70 mm
Fb = 3.900 kg
Fu = 510 kg
Mencari
rpm n1 V =
50
=
n1 =
n1 = 2032,8 rpm
mencari rpm n2 n2 =
n2 =
n2 =
691,15 rpm
Kecepatan
rantai (v) =
=
=
6,023m/s
Daya (p) = 13,3 x 1,7
=
22,61 ps
Beban
rantai (p) = F . V
22.610 = F x 7,52
F =
3006.6 N
F =
306,48 Kg
Karena
fu lebih besar daripada F , maka rantai tersebut aman digunakan
Jumlah
rantai (lp) =
= 114.65
=
115
C = ()2+ )2- (41-14)2
= 1330,21 mm
=
1,33 M
BAB
IV
KESIMPULAN
Dari
hasil perhitungan dapat di ambil kesimpulan rantai megapro dengan menggunakan
ukuran pelek 17 inchi ,dengan gir depan 14 dan belakang 41 menggunakan tipe
rantai rol. Dengan beban rantai 306,48 kg dengan beban maksimum rantai 510 kg.
Maka rantai aman di gunakan.
Spesifikasi
rantai rol:
Nomer rantai :
40-2
Kecepatan rantai : 6.023 m/s
Beban rantai : 306, 48 kg
Jumlah rantai : 115
Panjang rantai : 1.33 M
Daftar pustaka
Darmanto. 2007.Diktat Ajar Elemen
Mesin 1
http://www.scribd.com / doc / 47730081 / ELEMEN –
MESIN - RANTAI (Diakses tgl 10-06-2013 pukul
23:12)
http://tydagor.wordpress.com / 2011 / 07 / 09 /
materi – kuliah - elemen-mesin/ (Diakses tgl
10-06-2013 pukul 23:12)
assallamualaikum..... maaf mas.... bisa minta filenya mas.. buat referensi perencanaan mesin saya. trims
ReplyDeleteno HP saya : 0896 9181 5979
ReplyDeleteassalamuallaikum mas , maaf sebelumnya, saya boleh minta file nya ? terima kasih
ReplyDelete